Home » » KEKERAMATAN SITUS PENINGGALAN MAJAPAHIT (1)

KEKERAMATAN SITUS PENINGGALAN MAJAPAHIT (1)

Written By KRISNA CANDRA Kurniawan on Selasa, 10 Mei 2011 | 20.26

Majapahit dengan sisa-sisa peninggalannya ternyata masih menyimpan kekuatan-kekuatan gaib, Majapahit dengan peninggalan yang tertua berupa Candi Brahu yang terletak di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto menyimpan sejuta misteri gaib. Candi Brahu dibangun dari batu bata merah, dibangun di atas sebidang tanah menghadap ke arah barat dan berukuran panjang sekitar 22,5 m, dengan lebar 18 m, dan memiliki ketinggian 20 meter. Disekitar candi ini pernah ditemukan prasasti Alasantan yang berasal dari jaman Mpu Sindok, tepatnya pada tahun 861 Saka atau 939 M. Saat penggalian dilakukan di sekitar candi, banyak ditemukan benda benda kuno macam alat alat upacara keagamaan dari logam, perhiasan dari emas, arca dan lain-lainnya. Mengutip buku Mengenal Peninggalan Majapahit di Daerah Trowulan oleh Drs IG Bagus Arnawa, dulu di sekitar candi ini banyak terdapat candi candi kecil yang sebagian sudah runtuh, seperti Candi Muteran, Candi Gedung, Candi Tengah, dan Candi Gentong.

Kakawin Negarakertagama menyebut Candi Brahu ini dengan sebutan "tempat Budha bersusun tiga ...", oleh karenanya candi ini lebih tepat sebagai tempat persembahyangan umat Budha di jaman Majapahit. Berikut ini adalah gambar-gambar perjalanan spiritual kami pada hari Kamis malam tanggal 12 Mei 2011 sekitar tengah malam.
Di bagian atas nampak kedatangan pusaka keris berikut penjaganya


Bagian dalam Candi Brahu
Duduk di pintu masuk Candi Brahu
Bagian atas Candi dilihat dari dalam
Pusaka keris dan penuggunya di pintu masuk candi

Demikianlah sedikit kisah perjalanan spiritual kami ke candi Brahu.

6 komentar:

  1. Wahhh...yang duduk di pintu itu kok ganteng2 yah?

    BalasHapus
  2. Foto paling bawah adalah menunjukkan sorot mata Superman menembus alam gaib...

    BalasHapus
  3. Masih banyak situs-situs peninggalan Majapahit yang cukup memiliki kekuatan magis

    BalasHapus
  4. Sorot mata yang tajam dan pasti dapat menembus alam ghaib ....

    BalasHapus
  5. Situs-situs peninggalan Kerajaan Majapahit amat menarik untuk dikunjungi. Tentunya bangunan peninggalan kuno tersebut mengandung nilai sejarah yang tinggi. Bentuk, ukuran bangunan, letak dan sebagainya mengandung arti dan makna tersendiri. Alangkah indahnya bisa menerawang apa yang ada dibalik tabir. Salam sukses. Info 'wisata rohani' yang menarik.

    BalasHapus
  6. coba kunjungi situs jambuliko di daerah karang panndan karang anyar,di lerng gunung lawu bagian barat, sekitar bawah candi sukuh dan candi cetho, menurut sejarah keraton solo disitulah dahulu Raden wijaya melakukan ritual sampai muncul perintah gaib untuk mendirikan kerajaan "Majapahit"

    BalasHapus

Demi kemajuan blog ini, silahkan berkomentar yang bersifat membangun ...