Home » » BRAHMARAJA XI, BUKAN RAJA MAJAPAHIT

BRAHMARAJA XI, BUKAN RAJA MAJAPAHIT

Written By krisna on Senin, 30 Mei 2011 | 17.01


Berita dari artikel tersebut di atas, silahkan baca di sini

Adalah seorang Trowulan yang saat ini bermukim di Bali dan mengaku diri sebagai Raja Majapahit-Bali dengan mengambil gelar abhiseka HYANG BATHARA AGUNG SRI WILATIKTA BRAHMARAJA XI. Hal ini cukup menggelikan dan hanyalah orang-orang yang tidak memiliki wawasan Majapahit yang percaya akan hal ini.


Baiklah kita tinjau letak kejanggalan-kejanggalan yang sengaja dimunculkan

Pada sumber-sumber sejarah Majapahit tidak pernah dikenal istilah WILATIKTA, baik prasasti-prasasti yang ada maupun kakawin Negarakertagama hanya mengenal istilah WILWATIKTA atau TIKTAWILWA, wilwa berarti buah maja dan tikta berarti pahit, jadi WILWATIKTA berarti Majapahit. Sekali lagi yang ada adalah Wilwatikta dan bukan Wilatikta.

Kakawin Negarakertagama yang berjudul asli Desawarnana di dalam pupuh LXXXIII bait yang ke 3, menyebutkan hal yang demikian :

"Mashurlah nama pendeta Brahmaraja bagai pujangga, ahli tutur putus dalam tarka, sempurna dalam seni kata serta ilmu naya, Hyang Brahmana, sopan, suci, ahli weda, menjalankan nam laku utama ...."

Dari uraian pupuh ini jelaslah bahwa Brahmaraja adalah seorang pendeta, brahmana yang menguasai kitab Weda, jadi bukan raja.

Selanjutnya dikatakan sebagai berikut, Brahmaraja XI, adalah raja Majapahit-Bali, hal ini lucu sekali dan sangat menggelikan. Sepanjang sejarah kerajaan Majapahit, kerajaan ini (Majapahit) tidak pernah berdiri di Pulau Bali, bahkan Bali adalah wilayah tundukkan Majapahit, jadi Bali berstatus sebagai kerajaan bawahan Majapahit.

3 komentar:

  1. Ulasan yang cermat dan teliti. Kata, kalimat ataupun gelar mengandung arti dan makna sebagaimana diuraikan diatas. Jadi tidak boleh sembarangan. Semuanya mengandung arti dan sakral. Apakah orang yang mengaku bergelar Brahmaraja XI itu silsilahnya sampai kepada Prabu Brawijaya Majapahit ? Trims infonya yang amat menarik. Salam sukses Sobat.

    BalasHapus
  2. Maju terus pantang mundur, tegakkan kebenaran bongkar kepalsuan. Orang bijak berkata "KEBENARAN BISA DISALAHKAN TAPI TIDAK BISA DIKALAHKAN"

    BalasHapus
  3. iya sih kalo dipikir-pikir janggal juga ucapannya dia. majapahit gapernah dibangun di bali, tapi di pulau jawa setau saya

    BalasHapus

Demi kemajuan blog ini, silahkan berkomentar yang bersifat membangun ...