Home » » ASAL USUL PATIH GAJAH MADA

ASAL USUL PATIH GAJAH MADA

Written By krisna on Kamis, 02 Juni 2011 | 01.41

Lontar Babad Gajah Maddha, menguraikan perihal asal usul Mahapatih Gajah Mada, seorang Patih Amangkubhumi dari kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapa nya dalam usahanya mempersatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah payung kerajaan Majapahit.

Ringkasan isi lontar tersebut adalah sebagai berikut  :

1. Pada Lontar Babad Gajah Maddha dikatakan bahwa orang tua Gajah Mada berasal dari Wilwatikta yang disebut juga Majalangu.
Disebelah selatan “Lemah Surat” terletak “Giri Madri” yang dikatakan berada dekat dengan Wilatikta dikatakan hampir setiap hari Patni Nariratih pulang pergi dari Wilwatikta, mengantar makanan suaminya di asramanya di Giri Madri yang terletak disebelah selatan Wilwatikta. Hal ini berarti Giri Madri terletak disebelah selatan Lemah Surat dan juga disebelah Selatan Wilwatikta. Jarak antara Giri Madri dengan Wilwatikta dikatakan dekat. Tetapi jarak antara Lemah Surat dengan Wilwatikta begitu pula arah dimana letak Lemah Surat dari Wilwatikta tidak disebutkan dalam Babad Gajah Mada tersebut.




2. Babad Gajah Maddha menyebutkan tentang kelahiran Gajah Mada, ada kalimat yang berbunyi “On Cri Caka warsa jiwa mrtta yogi swaha” kalimat ini adalah candrasangkala yang bermaksud kemungkinan sebagai berikut:
On Cri Cakawarsa = Selamatlah Tahun Saka
Jiwa = 1 (satu)
mrtta = 2 (Dua)
Yogi = 2 (Dua)
Swaha = 1 (satu)
jadi artinya : Selamat Tahun Saka 1221 atau tahun (1299 Masehi).
Seandainya hal tersebut benar,  maka Mahapatih Gajah Mada dilahirkan pada tahun 1299 Masehi.

3. Mengenai nama Maddha disebutkan sebagai berikut:
Karena malu terhadap gurunya yakni : Mpu Ragarunting, begitu juga terhadap orang banyak, maka setelah kandungan Patni Nariratih membesar, lalu diajak ia oleh suaminya meninggalkan asrama pergi mengembara kedalam hutan dan gunung yang sunyi. Akhirnya pada suatu malam hari, waktu bayi hendak lahir,mereka berdua menuju kesebuah desa yang bernama Maddha terletak di dekat kaki gunung Semeru. Di desa itulah sang Bayi dilahirkan disebuah “Bale-Agung” yang ada di Kahyangan (pura/temple) desa tersebut. Bayi tersebut kemudian dipungut oleh seorang penguasa desa Maddha, kemudian dibawa ke Wilwatikta oleh seorang patih dan kemudian diberi nama Maddha. Jadi jika demikian halnya nama Maddha berasal dari nama desa Maddha yang terletak di kaki gunung Semeru. Hingga saat ini terdapat beberapa desa di kaki Gunung Semeru  yang mengindikasikan desa Maddha tersebut, yaitu Tamansatriyan, Wirotaman dan Kepatihan.

Nama Gajah oleh Babad Gajah Maddha sama sekali tidak disebutkan.kemungkinan besar nama gajah adalah nama julukan atau bisa juga nama jabatan (Abhiseka) bagi sebutan untuk orang kuat. Dengan demikian Gajah Mada berarti orang kuat yang berasal dari desa Maddha.

4. Mengenai nama orang tua Gajah Mada, ayahnya bernama Curadharmawyasa dan ibunya bernama Nariratih. Setelah mereka berdua disucikan ( menjadi pendeta) oleh Mpu Ragarunting di Lemah Surat, nama mereka berubah menjadi Curadharmayogi dan Patni Nariratih, mereka berdua kemudian menjadi brahmana.

Gajah Mada meninggal pada tahun Saka 1286 (1364 M) sebagaimana yang dituliskan dalam kakawin Negarakertagama pupuh LXXI/1 yang berbunyi : " .... tahun rasa (1286) beliau mangkat, baginda gundah terharu, bahkan putus asa, Sang dibyacita Gajah Mada cinta kepada sesama tanpa pandang bulu, insaf bahwa hidup ini tidak baka, karenanya beramal tiap hari".
Selanjutnya, apabila lontar Babad Gajah Maddha tersebut di atas benar, maka Gajah Mada meninggal dalam usia 65 tahun. 


Adapun didalam Babad Gajah Maddha kemudian menyebutkan bahwa Patni Nariratih bersenggama dengan Dewa Brahma yang berganti rupa seperti suaminya sehingga Gajah Mada seolah-olah dilahirkan atas hasil senggama antara Patni Nariratih dengan Dewa Brahma, akan diulas pada tulisan berikutnya.


10 komentar:

  1. Ada terjemahan lengkap kitab negara kertagama gan? Bisa di share

    BalasHapus
  2. Kok di sinetron MNCTV, ayah Gajah Md brnm Jawangkat. Bisa dijelaskan Ngga?

    BalasHapus
  3. @ herman suherman : Maaf ..., jangan samakan kisah sejarah dengan sinetron, sinetron itu banyak nggak betulnya dari pada betulnya.

    BalasHapus
  4. kisah gaja mada dalam sinetron MNCTV diambil dari cerita rakyat buton yang turun menurun tentang keberadaan gaja mada pada masa kecilnya,Ayahnya bernama Jawangkati seorang yang sakti salah satu penderi cikal bakal kerajaan buton dan ibunya Lailan Mangrani putri dari Raden wijaya (raja Mataram) yang bermigrasi ke Buton karena kerajaan mataram mengalami kehancuran terjadi perang saudara. pada usia 15 tahun ayah sang gaja mada yaitu Jawangkati meninggal dalam suatu pertempuran. ibunya kemudian membawah anaknya ke jawa untuk dilipelihara kakeknya. sebelum ke jawa Gaja mada dan ibunya singga di bali. disitulah kemudian kisah gaja mada ditanah jawa dimulai.

    Kalau kita mau bijak yaitu mau mengumpulkan atau menggabungkan kisah gaja mada dari buton, bali dan jawa dari mulai lahir,masa kecilnya, dewasa sampai meninggal, akan ketemu kisahnya.

    BalasHapus
  5. Aku malah gak begitu faham dengan cerita di atas...
    hadeh....!!!

    BalasHapus
  6. Demigod!! g kalah sm percy jackson...(--__--)

    BalasHapus
  7. harusnya nama tokoh dan sejarah hidupnya kalau di film kan harus sama

    BalasHapus
  8. Wah kok cerita yang saya dapet kok beda ya ,gajah mada berasal dari Sumbawa ,mana yang benar nih , kalo kitab sejarah itu udah di otak atik sama belanda ,yang tujuanya menjungkir balikan sejarah dan menimbulkan perpecah belahan , seperti kitab perang bubat , di tuban itu ternyata cerita karangan belanda untuk memecah belah sunda dan jawa timur, trus kitab pararaton itu juga bikinan belanda yang melenceng jauh dari sejarah , kalo kitab sejarah kuno yang asli dan lengkap ada di belanda di sana kitab kitab itu di sembunyikan dan menjadi milik belanda ,kita tidak pernah tau persis bagaomana sejarah majapahit yang asli

    BalasHapus

Demi kemajuan blog ini, silahkan berkomentar yang bersifat membangun ...