Home » » MAJAPAHIT : GOOGLE WEBMASTER TOOL

MAJAPAHIT : GOOGLE WEBMASTER TOOL

Written By KRISNA CANDRA Kurniawan on Jumat, 08 Juni 2012 | 20.49

MAJAPAHIT. Salah satu alat yang di perlukan oleh para webmaster (pemilik web/blog) adalah Google Webmaster Tools, sebenarnya tidak hanya para webmaster saja yang membutuhkan alat ini, sebagai blogger, kita juga membutuhkan alat ini untuk memantau perkembangan blog kita di search engine. Google Webmaster Tools tersedia gratis di masing-masing search engine, seperti yang ada pada search engine paling populer, yaitu Google search engine.

Kali ini blog
Share Aja akan sedikit membahas perihal apa itu Google Webmaster Tools dan cara penggunaannya. Google Webmaster Tools bisa di kunjungi di alamat berikut ini http://www.google.com/webmasters/tools/. Kita bisa login dengan menggunakan akun Google-mail (kalau sudah daftar di Gmail, berarti kita telah mempunyai akun Google). Menggunakan Google Webmaster Tools akan memudahkan kita sebagai webmaster/blogger untuk berkomunikasi dua arah dengan Google.



Google Webmaster Tools adalah salah satu bantuan atau fitur yang diberikan oleh Google dalam memudahkan para pemilik web/blog untuk mengamati top search keyword, domination keywords in blog, Indeks, kata kunci populer, seberapa sering Google mampir ke blog anda serta masalah - masalah lainnya seperti broken link , dan crawl errors. Tentunya Google Webmaster ini sangat berguna untuk para newbie maupun master. Namun sekarang Google Webmaster Tools semakin mantap. sekarang Google Webmaster Tools sudah mendukung data Impressions & Clickthrough untuk blog kita. Manfaat utama menggunakan webmaster tools ini adalah untuk mempercepat proses indexing blog kita oleh Google, sangat berguna pula untuk mengoptimalkan SEO blog, selain itu juga menambah trust Google terhadapat blog kita, seperti dalam rangka mendapatkan sitelinks  serta dalam kaitan untuk menampilkan breadcrumb blog kita pada hasil pencarian Google.



Memaksimalkan Fungsi Google Webmaster Tools merupakan kunci utama dalam meraih keberhasilan pada pengelolaan blog agar nangkring di Google search engine pada posisi elite, tidak hanya teknik seo pada template dan meta blog tetapi settingan pada Google Webmaster Tools sangat berpengaruh besar dimana google webmaster tools berfungsi sebagai pemaksimalan proses indexing blog terhadap mesin pencari (search engine). Karena kita ada pada kekuasaan Google, jadi apa rahasia-rahasia yang ada pada webmater tools : 

Membuat format feed pada sitemap
Salah satu cara memudahkan spider Google mengindex halaman blog yang kita miliki yaitu dengan mengarahkannya melalui sitemaps. Untuk mempermudah dalam membuat sitemaps gunakan jasa sitemaps generator khusus blogspot. Atau format standar feed Atom.xml. dan siapkan juga format cadangan feed yaitu :

rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss
/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Lakukan site verification

Site verification adalah dengan memasang meta tag Google pada blog kita, hal ini di lakukan sebagai bukti bahwa kita telah mendaftar di Google search engine serta mempercepat kerja spider Google, serta untuk mencegah agar jangan sampai terjadi duplicate meta tag verification,  karena Google tidak suka, itu mubazir.
Google akan memberikan cara memverifikasi meta ke blog kita pilih secara manual copy paste kode tersebut dalam blog, letakkan dibawah <head>


Demikianlah sedikit ulasan perihal Google Webmaster Tools, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kemajuan blog ini, silahkan berkomentar yang bersifat membangun ...