Home » » MAJAPAHIT : TEMPLATE SEO FRIENDLY GAMPANG TERINDEKS GOOGLE ?

MAJAPAHIT : TEMPLATE SEO FRIENDLY GAMPANG TERINDEKS GOOGLE ?

Written By KRISNA CANDRA Kurniawan on Rabu, 27 Juni 2012 | 22.33

Blog MAJAPAHIT kali ini akan bertutur soal template SEO Friendly yang menurut beberapa kalangan gampang terindeks Google. Terus terang blog MAJAPAHIT tidak begitu yakin bilamana template SEO Friendly gampang terindeks Google. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa template blog pada dasarnya berupa serangkaian script HTML yang berfungsi untuk menampung segala arsip-arsip blog yang berupa artikel-artikel, iklan-iklan ataupun informasi-informasi lainnya.

Dalam kerangka pola berpikir yang demikian tersebut, akhirnya saya dapat menarik suatu kesimpulan bahwa yang harus SEO Friendly tersebut bukanlah templatenya, melainkan struktur rangkaian script HTML nya yang wajib dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi lebih SEO Friendly di mata mesin pencari semacam Google search engine.

Setiap mesin pencari, seperti Google search engine misalnya, pasti akan menelusuri struktur script HTML template blog yang kita miliki, yang selalu dimulai dari kode-kode meta-tag Head, sedemikian rupa sampai pada akhirnya menuju ke bagian kode-kode HTML Footer template blog, yang biasanya menjadi bagian akhir dari sebuah blog/situs/website. Oleh karenanya, dalam hal ini akan menjadi bijaksana bilamana kita selaku webmaster (pemilik web/blog) senantiasa mengupayakan rangkaian script SEO Friendly yang dipergunakan mulai dari struktur Head hingga Footer blog.

Banyak iklan-iklan yang beredar di dunia internet yang pada dasarnya mempromosikan model-model template SEO Friendly ini, namun pada kenyataannya, setelah saya download dan pelajari struktur-truktur HTML code yang ada didalamnya, ternyata tidak semua memiliki struktur yang SEO Friendly sebagaimana yang diiklankan. Bahkan ada juga yang sama sekali tidak SEO Friendly. Terus terang saya banyak mempelajari bentuk-bentuk template yang ada. Satu kesimpulan yang saya dapatkan, bahwa masih diperlukan adanya pembenahan-pembenahan di beberapa tempat, terutama kode-kode struktur headnya.

Salah satu prasyarat kode-kode struktur head yang SEO Friendly adalah dapat memudahkan proses crawling yang dilakukan oleh mesin-mesin pencari terutama Google search engine yang nota-bene merupakan raja search engine dunia dan terkenal dengan algoritma Google pagerank nya. Selanjutnya untuk memudahkan blog kita terindeks oleh Google, maka struktur meta-tag head nya haruslah dilengkapi dengan script Google site verification. Disamping hal tersebut, perlu pula kiranya ditambahkan sebuah rangkaian script yang mampu untuk merubah judul blog menjadi judul postingan blog, hal ini dilakukan dalam rangka mencari posisi SERPs yang strategis.

Sampai di sini dahulu uraian saya, lain waktu pasti akan disambung lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Demi kemajuan blog ini, silahkan berkomentar yang bersifat membangun ...