Home » » MELURUSKAN SEJARAH MAJAPAHIT ? BOHONG !

MELURUSKAN SEJARAH MAJAPAHIT ? BOHONG !

Written By krisna on Rabu, 08 Juni 2011 | 20.41

"Meluruskan Sejarah Majapahit" adalah sebuah buku tulisan Irawan Djoko Nugroho, infonya dapat di lihat di sini : http://www.facebook.com/topic.php?uid=78845515468&topic=12527 (facebook) dan di sini : http://catalogue.nla.gov.au/Record/4767070 (katalog buku). Sang penulis mengaku alumnus Universitas Gajah Mada, Jogyakarta jurusan/fakultas Filologi.

Beberapa hal yang tertulis di dalam buku karangan beliau (Meluruskan Sejarah Majapahit) adalah tidak benar alias salah kaprah. Alih-alih 'meluruskan sejarah Majapahit' tetapi pada faktanya malah "Membelokkan Sejarah Majapahit". Artikel atau tulisan ini akan membahas pembelokan-pembelokan tersebut secara bersambung atau berkelanjutan.

Pembelokan pertama disebutkan bahwa Gajah Mada (sebagai mahapatih Majapahit) ternyata ada dua orang, yang pertama hidup pada masa pemerintahan Tribhuwanatunggadewi/Hayam Wuruk dan yang kedua hidup pada masa pemerintahan Brawijaya V. Selanjutnya dikatakan bahwa Gajah Mada yang berhasil mempersatukan Nusantara adalah Gajah Mada yang ke-2, yang hidup pada masa pemerintahan Brawijaya V.



Landasan atau dasar yang dipergunakan memperkuan alibi atau pernyataannya adalah  :
  1. Babad Tanah Jawi
  2. Babad Demak I
  3. Hikayat Hang Tuah
  4. Hikayat Raja-raja Pasai
  5. Prasasti Wijaya Parakrama-Wardhana tahun 1447 M.
Berita-berita tradisi yang berupa babad atau hikayat pada dasarnya merupakan sumber sejarah yang lemah kedudukannya dalam artian tidak dapat dipergunakan sebagai acuan dasar untuk menuliskan sejarah suatu bangsa, apalagi untuk menuliskan sejarah berdirinya atau kelangsungan hidup suatu kerajaan dalam hal ini kerajaan Majapahit. Banyak uraian babad-babad atau hikayat yang bertentangan dengan isi suatu prasasti (yang merupakan sumber otentik).
Baiklah kita tinjau uraian Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto dalam bukunya Sejarah Nasional Indonesia II, terbitan Balai Pustaka tahun 1993, pada halaman 448 disebutkan hal yang demikian :
"Berita tradisi menyebutkan bahwa kerajaan Majapahit runtuh pada tahun Saka 1400 (1478 M). Saat keruntuhan itu disimpulkan dalam candrasengkala sirna-ilang-kertining-bumi (Serat kanda dan Babad ing sengkala -penulis-) dan disebutkan pula bahwa keruntuhannya itu disebabkan karena serangan dari kerajaan Islam Demak. Berdasarkan bukti-bukti sejarah yang sampai kepada kita (penulis buku -penulis-) ternyata bahwa pada saat itu kerajaan Majapahit belum runtuh dan masih berdiri untuk beberapa waktu yang cukup lama lagi. Prasasti-prasasti batu yang berasal dari tahun 1486 M masih menyebut adanya kekuasaan kerajaan Majapahit. Rajanya yang berkuasa pada waktu itu bernama Dyah Ranawijaya yang bergelar Girindrawarddhana, bahkan ia disebutkan pula sebagai seorang Sri Paduka Maharaja Sri Wilwatiktapura Janggala Kadiri Prabhunatha"

Dari uraian tersebut di atas dapatlah kita tarik suatu kesimpulan bahwa sebenarnya berita-berita tradisi (dalam bentuk babad ataupun hikayat) adalah sangat-sangat lemah kedudukannya bilamana akan dipergunakan sebagai sumber untuk  menuliskan suatu sejarah. Sumber utama yang terpenting adalah prasasti-prasasti, baru kemudian catatan perjalanan saksi-saksi sejarah. Selanjutnya berita-berita tradisi hanya bersifat pelengkap.
Dengan demikian sumber-sumber tulisan Irawan Djoko Nugroho (Meluruskan Sejarah Majapahit) yang berbentuk babad dan atau hikayat (Babad Tanah Jawi, Babad Demak I, Hikayat Hang Tuah dan Hikayat Raja-Raja Pasai) sangat-sangat lemah kedudukannya, dalam artian tidak dapat dipergunakan sebagai sumber untuk menuliskan sejarah.

Selanjutnya, bila kita tinjau prasasti Wijaya-Parakrama-Wardhana tahun 1447 M, tidak pernah disebutkan nama Gajah Mada sebagai patih Brawijaya V, yang ada adalah nama patih Gajah Geger. Nama 'Gajah Geger' ini oleh penulis buku (Irawan Djoko Nugroho) diasumsikan sebagai Gajah Mada berdasarkan pendefinisian kata Geger yang berarti 'hiruk-pikuk'. Demikian juga definisi kata Mada yang berarti 'hiruk-pikuk'. Berdasarkan kesamaan arti kata Geger dan Mada inilah kemudian dia/beliau menyamakan Gajah Geger dengan Gajah Mada. Hal ini adalah merupakan suatu kesalahan besar sekali lagi saya katakan, SALAH BESAR.

Kata Mada dalam nama Gajah Mada pada dasarnya adalah melukiskan sebuah tempat kelahiran yang bersangkutan, artinya Gajah Mada adalah orang besar yang berasal dari desa Mada. Jadi bukan 'orang besar hiruk pikuk', demikian pula kiranya nama Gajah Geger hendaknya dianalogikan sebagai orang besar yang berasal dari daerah Geger

Kesimpulannya : Kata geger dalam nama Gajah Geger, tidak dapat diartikan sebagai Gajah Mada, sehingga memunculkan asumsi bahwa Gajah Mada ada dua orang. Ini merupakan kesimpulan yang tergesa-gesa dan sangat terkesan mengada-ada yang dalam bahasa Jawanya, utak-atik-gathuk.

Penulis  : J.B. Tjondro Purnomo ,SH

Bersambung ...............

9 komentar:

  1. Waduh Irawan Djoko Nugroho ini bikin manuver apa lagi nich ? Mana ya mungkin Gajah Mada itu ada dua orang, hidup di masa yang berbeda lagi ? Yang pasti dia itu salah baca, dan terkesan mereka-reka asumsi ....

    BalasHapus
  2. Yang belum diteliti adalah, Gajah Mada itu dari parati apa? dan selama menjadi patih, apa nama kabinetnya? tolong dicarikan refferensinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang ngelantur rupanya, jaman kerajaan Majapahit tidak sebutan Kabinet, yang ada adalah SANG PANCA RING WILWATIKTA. Harap dipahami.

      Hapus
  3. Gajah Mada memang Patih yang paling tersohor di jaman kerajaan Majapahit.

    BalasHapus
  4. Salut.....tetap waspada pada setiap upaya2 yang mau membelok-belokkan keagungan majapahit....khabar tentang Kebesaran Majapahit yang benar...harus sampai Generasi Penerus....terus dan terus sampai akhir Jaman.

    BalasHapus
  5. Tidak mudah meluruskan sejarah hanya merangkai kata, ada baiknya melakukan observasi dari bukti otentik sejarah, itu juga tidak semudah
    menyusun daftar belanjaan.

    Apalagi menerbitkan buku, sejarah perang dan penjajah negeri ini saja yang terbilang masuk abad dunia baru saja masih simpang siur, apalagi
    sejarah sebuah kerajaan masa lalu.

    Terus galih admin, mari kita kumpulkan fakta lewat persahabatan dari tiap daerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan ide anda ini...., mari kita jalin persahabatan demi tegaknya Persatuan dan Kesatuan Bangsa ini. Janganlah kita mau dipecah-pecahkan lagi. Kita ini satu, Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa .... Satu Indonesia sebagai pewaris dan penerus kerajaan Majapahit.

      Hapus
  6. Saya sependapat bahwa sejarah Majapahit dan Indonesia pada umumnya haruslah dijaga keotentikannya. Karena tanpa sejarah yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, bangsa Indonesia seperti tidak punya akar yang kuat. Tidak punya jatidiri dan kebanggaan nasional. Kita hanya akan menjadi "pasar" bagi ideologi, paham dan budaya bangsa asing. Dan menjadi bangsa pengikut atau negara satelit bagi negara dan bangsa lain. Belum lama ini juga ada buku yang mengklaim bahwa candi Borobudur adalah bikinan nabi Sulaeman (!!!). Duuuh Gusti ! Ayo terus giatkan upaya pelurusan sejarah Indonesia dari usaha pembelokan untuk agenda tersembunyi.

    BalasHapus

Demi kemajuan blog ini, silahkan berkomentar yang bersifat membangun ...